Teknologi Baru Mutakhir Pengganti Wifi

Li-Fi, yang menggunakan cahaya tampak untuk mengirim sinyal secara nirkabel, adalah teknologi baru yang siap bersaing dengan Wi-Fi.

Keuntungan teknologi Li-Fi meliputi:

Efisiensi: Li-Fi bekerja pada teknologi cahaya tampak. Karena rumah dan kantor sudah memiliki lampu LED untuk tujuan pencahayaan, sumber cahaya yang sama dapat digunakan untuk mengirimkan data. Makanya, sangat efisien dalam hal biaya maupun energi. Cahaya harus menyala untuk mentransmisikan data, jadi bila tidak perlu cahaya, bisa dikurangi menjadi titik di mana ia terlihat di mata manusia, namun sebenarnya masih menyala dan bekerja.
Ketersediaan: Dimanapun ada sumber cahaya, bisa ada internet. Lampu hadir di mana-mana - di rumah, kantor, toko, mal dan bahkan pesawat terbang, yang berarti transmisi data berkecepatan tinggi dapat tersedia di mana-mana.
Keamanan: Salah satu keunggulan utama Li-Fi adalah keamanan. Karena cahaya tidak dapat melewati struktur buram, Li-Fi Internet hanya tersedia bagi pengguna di dalam ruangan dan tidak dapat dilanggar oleh pengguna di ruangan atau bangunan lain.
Kekurangan teknologi Li-Fi meliputi:

Internet tidak bisa digunakan tanpa sumber cahaya. Ini bisa membatasi lokasi dan situasi di mana Li-Fi dapat digunakan.
Karena menggunakan cahaya tampak, dan cahaya tidak bisa menembus dinding, rentang sinyal dibatasi oleh penghalang fisik.
Sumber cahaya lainnya dapat mengganggu sinyal. Salah satu kelemahan potensial terbesar adalah intersepsi sinyal di luar rumah. Sinar matahari akan mengganggu sinyal, mengakibatkan terputusnya Internet.
Infrastruktur baru untuk Li-Fi perlu dibangun.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.