kategori Perbedaan grooming pada anjing agar kamu tahu pilih yang mana?

Setiap orang yang mempunyai anjing di dalam rumahnya pastilah sangat menyayangi anjing anda. Bahkan beberapa orang tertentu merasa bahwa anjingnya adalah bagian dari keluarganya dia rela melakukan sesuatu untuk anjingnya seperti merawat anaknya sendiri. Ketika kamu sudah siap dalam memelihara anjing kamu juga harus siap dalam memenuhi kebetuhun hewan peliharaan kamu itu. Mulai dari makanan, minuman, kebersihan, dan kesehatannya pula.

Nah ketika kamu sudah siap memiliki peliharaan anda harus siap untuk menggroming peliharaan anda. 
Nah apa sih itu grooming?
Grooming ini adalah proses mendandani atau memanjakan Peliharan anda yaitu seperti proses memandikan, menyikat gigi, merawat tubuhnya agar tetap bersih dan sehat. Nah kali ini kita akan membahas cara untuk merawat kebersihan Peliharaan anda.

Cara pertama dalam grooming adalah dengan memandikannya ketika mereka sudah mulai berbau tidak sedap atau misalkan sudah agak kotor.

Melalui pengalaman saya anjing ini memiliki tipe tipe berbeda dalam berapa cepat atau berapa sering anda harus grooming anjing anda.
kategorinya bisa kita bedakan seperti Anjing besar, Anjing Berbulu tebal, Anjing yang memiliki tubuh berlipat, Anjing kecil.

Anjing jenis Pitbull
Anjing besar: anjing tipe ini khusus nya adalah anjing anjing yang sangat sering menghabiskan waktunya dengan berolahraga. anjing tipe besar biasanya harus sering berolahraga agar mereka bisa melepaskan kelebihan energi dalam tubuhnya. 
contoh : anjing pitbull, anjing seperti ini adalah anjing yang memiliki insting untuk berburu mereka biasanya di latih untuk berburu mangsanya nah otomatis anjing ini memiliki energi yang besar untuk melakukan aktifitasnya, jika energinya ini tidak di lepaskan ini dapat menggangu emosi atau mental anjing ini. oleh karena aktifitasnya yang banyak anjing akan menjadi cepat bau dan kotor. jika kalian memiliki anjing tipe ini anda harus sering mengajaknya jalan minimal seminggu sekali, kalian juga harus memiliki lahan yang luas agar anjing ini leluasa dalam bergerak di kandangnya, dan anjing tipe ini memiliki rasa lapar yang tinggi anda harus siap siap rogoh kocek yang lumayan untuk bisa memeliharanya.


Anjing jenis Puli
Anjing jenis Shih Tzu
Anjing Berbulu tebal: anjing dengan tipe seperti ini kebanyakan memiliki bulu yang sangat lebat dan bahkan sampai menyentuh lantai. 
contoh: Shih Tzu atau Puli anjing ini memiliki bulu yang tebal sekali. Mungkin bagi anda yang punya Shih Tzu sudah sering tahu bahwa anjing tipe ini cepat bau. Ini di karenakan oleh bulu nya seperti saat dia minum atau makan maka bulu bulu di bagian mukanya akan menempel ke makanan dan minumannya ini akan menyebabkan bulunya lembab dan lengket nah ini lah yang menyebabkan bau itu timbul. jika sudah begini sebaiknya jangan anda biarkan karena jika di biarkan dapat menyebabkan kulit anjing tersebut jamuran. Anda harus segera mengelapnya dengan tissue atau jika anda malas anda harus menggunting bulunya menjadi pendek agar tidak mudah jamuran. Dalam merawat anjing ini anda hanya harus pintar pintar merawat bulunya dengan menyisirnya sehabis mandi agar tidak kusut tapi lain hal untuk anjing jenis puli yang memiliki ciri khas bulunya yang kelihatan kusut dan kalian harus menggeringkan bulunya saya sarankan dengan blower agar kering sekali biar tidak menimbulkan jamur dan sekali kali ajaklah jalan anjing anda karena sebesar apapun rumah anda semua anjing tetap butuh untuk berjalan jalan di luar rumahnya agar menghindari stress.

Bulldog

Sharpei
Anjing yang memiliki tubuh berlipat: anjing dengan tipe ini mungkin tidak memiliki banyak energi atau bulu yang panjang malah mereka terkesan seperti anjing malas. 
Contoh: Sharpei atau Bulldog anjing seperti ini memiliki tubuh yang sangat berlipat nah ini menjadi salah satu masalah dalam merawat anjing ini. kalian harus tahan dengan bau anjing ini karena mereka sangat cepat bau. walaupun anda sudah mandikan biasanya dalam 3 hari anjing ini sudah agak bau  lagi mengapa? ini karena lipatan di tubuhnya dan air liur yang berlebihan pada anjing ini. lipatan di tubuhnya membuat sirkulasi udara agak terhambat dan membuat anjing ini cepat bau. air liurnya pun juga sangat berlebihan dan dapat membuat basah tubuhnya makanya kita harus sering memandikannya. Tapi jika anda ingin memandikannya ingat jangan lebih cepat dari 1 minggu sekali atau jika dalam kondisi darurat  tunggu saja 3 kali sehari agar anjing ini tidak kedinginan dan malah jadi terserang penyakit. jika belu seminggu baiknya anda belikan bedak wangi khusus anjing atau parfum anjing yang non alkohol. kenapa harus non alkohol ini karena biar tidak gampang jamuran walau wanginnya tidak begitu tahan lama.

Chihuahua
Anjing Kecil: anjing tipe ini memiliki badan yang sangat kecil dan rentan bahkan ada yang memiliki ukuran tubuh hanya sebesar cangkir teh Seperti contoh nya Chihuahua. Ini membuat anda musih harus ekstra hati hati. Jika anda ingin memandikan anjing ini jangan lah kamu mandikan ketika belum 3 bulan karena kondisi anjing masih sangat rentan dan jika sudah 3 bulan di anjurkan untuk di mandikan dengan air hangat. Untuk perawatannya anjing kecil agak mudah untuk dirawat jika sudah melewatin 1 tahun. Kamu hanya perlu rutin memandikannya dan tidak perlu disisir.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.